Monday 7 November 2011

Salahkah Jika Saya Introvert ?

Setiap manusia memiliki ciri, sifat dan karakter yang berbeda dalam mengahadapi situasi dan kejadian disekelilingnya. Salah satu tipe karakter manusia yaitu introvert. Disini saya akan sedikit menjelasakan karakter dari introvert karena saya juga merasa termasuk salah satu orang yang langka introvert.

Introvert pada dasarnya memilki ciri - ciri pendiam, pemalu, tertutup, agak kaku, penyendiri. 

Namun tidak selalu semua sifat - sifat diatas dimiliki oleh seorang introvert. Terkadang beberapa orang introvert akan memiliki ciri tersebut pada situasi tertentu saja, dan pada situasi yang berbeda malah tidak demikian.

Sekarang akan saya bongkar sedikit rahasia seorang introvert yang saya pikir perlu untuk diketahui dan dipahami agar memudahkan anda untuk menghadapi orang - orang seperti ini.

Seorang introvert biasanya memang pendiam, jarang bergaul dan sering disibukkan dengan dunianya sendiri sehingga kurang peka pada dunia luar, mereka tahu yang mereka mau namun sulit memaparkan kepada orang lain. Hal ini juga yang biasanya menyebabkan seorang introvert memiliki sedikit teman, akan tetapi jika dia telah memilih seseorang sebagai temannya biasanya persahabatannya sangat kuat dikarenakan introvert cenderung setia.

Seorang introvert senang memecahkan masalah orang lain yang meminta nasehatnya, cocok sebagai teman curhat. Sebaliknya introvert sendiri termasuk orang yang hemat bicara dan hanya mau terbuka kebeberapa orang tertentu saja. Ini yang menyebabkan introvert terlihat kaku menghadapi pembicaraan dengan orang - orang namun berubah sangat lancar dengan orang tertentu.

Seorang introvert lebih suka berpikir jauh, itu sebabnya introvert menjadi pelit bicara karena cenderung hati - hati dan berpikir lama sebelum bicara. Terkadang terkesan cool dingin, kaku bagaikan es dan terlihat cuek dari luar akan tetapi sebenarnya mereka tidak sedingin yang terlihat.

Seorang introvert cenderung menyendiri,  bagi introvert suasana sepi adalah suasana yang nyaman dimana dia bisa mengisi energinya. Bagi dia keramaian membuat tenaganya cepat hilang. Oleh karena itu biasanya introvert hanya sekali-kali berinteraksi, dan kemudian diam.

Apa yang kau lihat dariku ? Apa yang kau pikir tentangku ? Bila semua salah !

Kebanyakan orang - orang menganggap remeh tipe introvert bahkan banyak yang menyandangkan predikat aneh, kuper, anti sosial dan lain sebagainya. Memang dapat dimaklumi karena introvert termasuk kaum minoritas yang hidup didunia. Kami tidak separah yang anda bayangkan, hanya saja kami mengharapkan anda dapat mengerti tipe manusia seperti ini. Lalu....

Salahkah jika saya introvert ?

Referensi : dunia-panas | smart-pustaka | dik2

60 comments:

Anonymous said...

gag salah kok.. :D

iaMz on 7 November 2011 at 12:20 said...

baiklah kalo begitu :kiki:

Anonymous said...

salam kena ya? Mari berteman

iaMz on 8 November 2011 at 07:46 said...

salam kenal kembali teman :fufu:

Chici on 11 November 2011 at 20:10 said...

Hihihi saya banget itu... :ajeb:

iaMz on 11 November 2011 at 22:06 said...

kalau gitu kita sama chi :malu:

Dara Intan Noersaif on 3 December 2011 at 21:45 said...

dara juga introvert, dan ini normal. Jadi, ga salah kok :)

iaMz on 3 December 2011 at 21:47 said...

rame ya, gimana kita buat boyband aja :ajeb:

fifa on 6 December 2011 at 22:00 said...
This comment has been removed by the author.
Ulfatul Lubabah on 7 December 2011 at 09:17 said...

assalamualaikum..
salam kenal..

saya juga tipikal pribadi yg introvert, g ad yg salah dgn tu.. pas nonton TV beberapa minggu lalu, saya jd ngerti klo org introvert lebih sering melakukan refleksi diri. faktanya jg bnyk orang introvert yang 'menggebrak dunia'..

o iy...mampir2 k blog saya y...

iaMz on 1 January 2012 at 11:07 said...

@Fikri : bener banget tu, oke tukaran linknya :yen:

@Lulu : semoga kita juga termasuk salah satu yg akan mengrebak dunia.. oke, segera akan mampir :malu:

boDheen_like_SCREAM on 22 April 2012 at 10:29 said...

saya bingung, kalau introvert adalah minoritas, tpi knapa banyak yang mengaku "aku adalah introvert"

aku setuju sekali, dengan kalimat bang admin.
mengertilah akan dunia kami..

tapi aku ngrasa down bnget ktika tmen".q mnilai aku seorang introvert..
aku pengen kluar.. ada yang bisa bantu gag?? :'(

Dee_ on 22 July 2012 at 12:56 said...

awalnya saya juga merasa down waktu 'sadar' saya ini introvert dan beda. dulu malah kayak dikucilin rasanya karna dari sayanya sendiri juga gak sreg buat berbaur sama lingkungan,hehe
tapi lama2 cuek, akhirnya bisa bertahan dan enjoy aja smp sekarang, gak peduli orang mau bilang apa, inilah keunikan kita :) salam kenal

iaMz on 25 July 2012 at 10:31 said...

@boDheen_like_SCREAM : berusahalah ttp berteman dan bergaul sehingga teman tidak menganggap kita orang yang sombong, sehingga lama kelamaan sifat kita bisa diterima org2 sekitar :D

@dinicunil : org yg introvert sebenarnya bkn org yg tdk suka berbaur, akan tetapi disituasi tertentu dia terkandang lbh nyaman sendiri.. tetaplah berbaur walaupun tdk sering, kita juga butuh teman loh, salam kenal :)

Dee_ on 25 July 2012 at 11:35 said...

iya kak, maksud saya rasa nyaman untuk sendiri itu yang membuat saya malas berbaur kalo memang ga terlalu penting. mungkin jg karna perbedaan didikan lingkungan keluarga dg lingkungan yg saya tinggali sekarang sangat jauh.
sekarang saya jg masih berusaha. tapi ini udah mending lho dibanding dulu bener2 tertutup. tapi yang paling penting selalu ingat Allah ada buat kita,seperti apapn kita.. :)

iaMz on 27 July 2012 at 08:34 said...

iya, saya dulu juga seperti itu kok..
Ingat Allah adalah obat yang terbaik :D

Anonymous said...

introvert itu ga cocok buat temen curhat, karena dia itu kaku jadi akan kesulitan memberikan tanggapan pada org yg curhat ama dia, dia akan merasa ga nyaman & sebel kalo dicurhatin kelamaan

Anonymous said...

Sy memiliki teman kerja yg introvert. Sy baru mengenalnya slma kurleb 4 bulan. Tp kpd sy dia bs terbuka, mceritakn hal personal dlm dirinya wlw mmg awalnya dipaksa dl jg. Terbukanya jg hnya lwt bhs tulisan (sms, chit chat/inbox fb). Salah ya klo sy b'usaha mbwt dia mjd ekstrovert, minml sdkt trbuka pd org2 di sktrnya?

Anonymous said...

terima kasih kerana ada yang memahami.

Den Luhung said...

teman saya berartii

Suluh Widya Yakti on 24 March 2013 at 10:25 said...

saya juga introvert, aneh, sendiri itu surga menurut saya. ni hasil test saya


Extraverted Introverted
11% 89%

Sensing Intuition
21% 79%

Thinking Feeling
42% 58%

Judging Perceiving
68% 32%

alkhanif on 19 April 2013 at 09:54 said...

Introvert bukan minoritas kok, perbandingan Introvert:Extrovert di dunia ini hampir seimbang. Banyak introvert yang tidak kelihatan introvert,karena bisa mengembangkan sisi komunikasinya. I atau E menurut saya lebih ke arah seberapa nyaman kita ketika berhubungan dengan orang lain. Hasil test MBTI sya 100 % Introvert, tp saya sekarang bekerja sebagai Tecnical Support Manager yang berhubungan dengan orang banyak. No Problem.

Apapun kepribadian kita, jangan sampai menjadi batasan bagi kita untuk berkembang.

Anonymous said...

kawan, brti kita sma. . .

Noire on 2 October 2013 at 19:28 said...

Membuat dia sedikit terbuka sih boleh, tapi sebaiknya dilakukan dengan diam2, jadi tanpa disadarinya dia perlahan2 menjadi lebih terbuka. Kalau anda mengatakan bahwa anda ingin membuat dia ekstrovert, kemungkinan ada kecenderungan dia tertekan dan malah enggan untuk berubah.

Kalau dia masih tetap seperti itu, jangan dipaksakan. Mungkin dia sudah merasa sudah nyaman dgn dirinya. Selama itu tidak merugikan dia sndiri dan orang sekitar, tidak masalah.

Saya sendiri introvert, dan saya paling benci kalau orang terlalu memaksa saya untuk menjadi ekstrovert. Saya sdh nyaman dgn khidupan sy dan jika sy berubah, sy akan tertekan nantinya. Mnjd introvert bukanlah juga hal yang buruk, asal jangan terlalu "terisolasi".

Anonymous said...

Saya merasa beberapa hari ini hidup sangat berat untuk saya jalani, karena mungkin saya termasuk orang introvert. Saya tidak begitu supel dan tidak selalu energik ketika bergaul dengan orang lain, dan sering saya merasa bosan pada obrolan mereka yang dianggap begitu lucu. Saya merasa sedih karena berbeda dengan orang lain.... Dan lebih lagi, sekarang saya harus menjalani pendidikan dg orang-orang yang belum akrab dengan saya... saya tahu bukan salah orang lain kalau saya merasa menderita,hanya saja saya terus mempertanyakan apakah berarti ini salah saya?!
Jujur saya merasa buntu dan hampir putus asa.....

Anonymous said...

aku juga introvert, otak ku ga mau berhenti mikir sekalipun mau tidur. Kadang suka ngomong sendiri(bukan sama setan) tapi sama pikiran ku. Masalah keluar rumah. Rumah yang buat aku nyaman

Anonymous said...

tidak salah. karena saya sendiri juga introvert

Anonymous said...

Saya juga introvert, dulu di sekolah saya sering minder dan tak begitu berbaur dg teman-teman. Terkadang merasa gak nyaman jika berbaur dengan orang, itupun mungkin juga sampai sekarang.
Sebelum mengetahui tentang kepribadian introvert mental sy pernah nge-down, karena yg ku tahu aku seorang pendiam yang tak banyak bicara.
Namun kini setelah tahu, hanya berusaha untuk lebih terbuka, walau tak mungkin mengubah diri ini menjadi ekstrovert.
Yeah... Mungkin inilah seorang introvert, trkadang di anggap aneh dan juga sombong. Jadi diri sendiri saja^^

Anonymous said...

Saya juga introvert, dulu di sekolah saya sering minder dan tak begitu berbaur dg teman-teman. Terkadang merasa gak nyaman jika berbaur dengan orang, itupun mungkin juga sampai sekarang.
Sebelum mengetahui tentang kepribadian introvert mental sy pernah nge-down, karena yg ku tahu aku seorang pendiam yang tak banyak bicara.
Namun kini setelah tahu, hanya berusaha untuk lebih terbuka, walau tak mungkin mengubah diri ini menjadi ekstrovert.
Yeah... Mungkin inilah seorang introvert, trkadang di anggap aneh dan juga sombong. Jadi diri sendiri saja^^

Anonymous said...

Saya juga introvert, dulu di sekolah saya sering minder dan tak begitu berbaur dg teman-teman. Terkadang merasa gak nyaman jika berbaur dengan orang, itupun mungkin juga sampai sekarang.
Sebelum mengetahui tentang kepribadian introvert mental sy pernah nge-down, karena yg ku tahu aku seorang pendiam yang tak banyak bicara.
Namun kini setelah tahu, hanya berusaha untuk lebih terbuka, walau tak mungkin mengubah diri ini menjadi ekstrovert.
Yeah... Mungkin inilah seorang introvert, trkadang di anggap aneh dan juga sombong. Jadi diri sendiri saja^^

Unknown on 28 March 2014 at 20:22 said...

ngga sengaja tiba2 nemu artikel ini..klo saya 100% intervert..suka berimajinasi,,pendiam,pemalu,pemikir,ngga suka basa-basi..tapi orang lain ngeliat saya itu "aneh" dan "misterius" meskipun demikian,.Alhamdulillah saya adalah org yg sangat dibutuhkan org2 di lingkungan sekitar saya..hehehe.. -Vina(spensa bjm):D

Unknown on 6 March 2015 at 18:02 said...

Sma aku jga gtu
Kdang mrah sma diri sndiri

Anonymous said...

Setujuuuuuuuu!!!! Saya sangat setuju!!!

Adib Sayuti on 27 November 2015 at 08:06 said...

Mereka gak bakal pernah mengerti bagaimana kami menikmati hidup, diam dan dengarkan alam semesta berbicara.. :)

Unknown on 13 December 2015 at 18:36 said...

gue juga sama kaya kalian introvert jarang keluar rumah dan nyaman dirumah seharian, ini udah takdir Allah... sebenernya kita beruntung kaya gini, ini kesempatan kita biar bisa lebih dekat sama Allah, untuk yg muslim... pergunakan waktu kalian pada saat sendiri untuk selalu dzikir atau selalu inget sama Allah...

terkadang gue pun juga suka ngomong" sendiri dikamar dengan kesendirian gue, tp gue pikir apa yg gue lakuin itu sia", dari pada sia", mending sempet"n buat inget sama Allah.. kalo kita pahamin lg, ternyata Allah ngasih jalan buat kita untuk selalu inget Dia..

untuk yg susah berinteraksi ataupun keluar rumah ini kesempatan kita..

ingat lah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram..

HAVE SOME BUISSNIS on 3 March 2016 at 13:37 said...

Stuju dngn introvet,smua orng ada kelebihan dan kekurangan,lebih baik diam dan mengamati situasi lalu berbicara hal positif dan berdua dripda tong kosong berbunyu nyaring,salam juga saya introvet

Unknown on 20 March 2016 at 07:53 said...

saya sangat setuju dg artikel ini. .
seorang introvert tdk bisa dpaksa untuk menjadi ekstrovert. .
salam untuk para introvert

Anonymous said...

Jadi saya harus punya sahabat extrovert yg bisa mengerti saya dan dia mau mengajak saya untuk keluar mengenal dunia :)

Anonymous said...

Aku introvert, dijauhi teman karna terlihat begitu kaku dan aneh kata mereka, sering dibuli.sudahlah selagi mereka bahagia, tak apa. :)
Tapi aku punya masih punya ayah ibu dan keluarga yang sayang sama saya.
Dan saya punya ALLAH SWT yang paling dekat dan saya pikir it's the last. Tp ternyata aku salah aku punya segerombolan teman yg sama mereka juga memiliki watak introvert. Tapi tenang sahabat. Jangan mudah putus asa, semangat dunia ini hanyalah tempat persinggahan sementara. Bukan untuk selamanya cukup jadi diri kalian, syukuri dan terus berbuat baik. Insya allah kebahagian Akan ada di dunia yang kekal Abadi.. :) salam sahabat
Saya Ila dari ternate :)

Unknown on 31 August 2016 at 18:57 said...

love u salam introvert :')

Unknown on 31 August 2016 at 18:58 said...

love u salam introvert :')

Unknown on 10 November 2016 at 10:43 said...

Jangan pernah menyalahkan dan menghakimi diri sendiri seperti itu,,

Unknown on 10 November 2016 at 10:45 said...

Tuhan memang sengaja menciptakan kita orang2 introvert sebagai penyeimbang mereka yang ekstrovert.. Tidak mungkin Tuhan hanya menjadikan sesuatu hanya satu macam saja,Tuhan itu tidak monoton..

Unknown on 10 November 2016 at 10:48 said...

Intovert itu sebenarnya tidak pernah merugikan orang lain hanya saja dunia sosial memang menilai kita rendah. Kaum ekstrovert itu memang sampai kapan pun akan menjadi tuhan nya dunia sosial, dijamin..

Unknown on 10 November 2016 at 10:52 said...

Coba perhatikan saja dalam hidup ini bukankah sudah biasa & sering terjadi kondisi dimana perbedaan itu dianggap aneh,sumber masalah,sumber kekacauan?

Unknown on 10 November 2016 at 10:56 said...

Kalau saya bodo amat penilaian buruk orang..
Toh mereka juga biasanya tidak lebih baik.
Anggap saja mereka tidak bisa terima perbedaan.
Buat apa disedihin,, kita manusia kan hidup ibaratnya cuma nyewa semua orang juga bakal mati.

zsi said...

bagi introvert yang masih belum punya penghasilan
atau punya pertanyaan mengenai masalah hidup ,
cobalah berteman dengan saya di aplikasi anygram ,
username saya : zsi

zi said...

bagi introvert yang masih belum punya penghasilan
atau punya pertanyaan mengenai masalah hidup ,
cobalah berteman dengan saya di aplikasi anygram ,
username saya : zi

Icha Dev on 7 June 2017 at 18:11 said...

saya juga introvert gan, salam kenal ya

Unknown on 8 June 2017 at 23:48 said...

Introvert ada komunitasnya ga sih? Biar saling share satu sama lain gitu??

Salam introvert saya hamid dari bogor :)

Anonymous said...

Dulu sya extrovert, sekarang sy jdi orang introvert, Tpi sy akn brusha untuk jadi masa llu krna, introvert Myushkan sya dalm khidupn ini... Teman teman doain sya ya...

Artikel Film on 12 August 2017 at 15:59 said...

Saya juga introvert.
Salam kenal dari bengkulu

Unknown on 14 August 2017 at 21:47 said...

Yuk kita bangun komunitas,,,biar bagi pemikiran..

luth412 on 17 August 2017 at 14:46 said...

awalnya saya kira introvert itu gk bakalan bisa maju,tapi setelh saya searching ternyata introvert pun memiliki peluang sukses yang besar dengan talk less do more!!

Kutu Baca Buku on 26 September 2017 at 21:52 said...

Nama saya Yustika.
Admin, saya sangat sedih, karena saya dibully secara verbal baik oleh laki-laki maupun perempuan. Di kampus, saya sering disindir baik secara langsung maupun tidak langsung, bahkan dosen secara tidak sadar melakukan itu.
Alhasil saya semakin tidak nyaman kuliah.
Mohon motivasinya T_T

Anonymous said...

Exactly same w/ me!

Baru aja tadi temen menjadikan saya sebagai contoh "anak individualisme" dalam pelajaran Sosio dan saya jadi bahan tertawaan serta cemoohan teman2 dihadapan guru(: Saya memang introvert dan tdk terlalu suka bergaul dengan lingkungan sekolah saya saat ini, jadi ya saya gak pernah basa-basi ataupun ngobrol kalo gk perlu amat. Kalo guru, ada seorang guru yg mungkin tidak suka dengan saya jadi disetiap jampel dia selalu menyindir secara halus, tapi temen2 tahu pada siapa ditujukan. Saya gk berani tanya, bkn karena gk berani tapi lebih ke khawatir akan memperkeruh keadaan. Soalnya guru saya ini terkenal senior, killer, dan angkuh, gk mau mempertimbangkan pendapat siswa, jadi kalo salah ngomong dikit aja bisa 'wah' (:

Bisa bayangin kan gimana saya harus 'berjuang' semangat sekolah dengan keadaan yg seperti ini. Motivasi saya ya yg pertama ortu, bcs udh susah2 menyekolahkan. Tiap ada masalah saya selalu 'curhat' ke Tuhan [ Ortu saya trmasuk sibuk, ayah kerja di luar kota, ibu hampir gk ada waktu buat saya(: ], saya selalu curhat ke Tante bcs hanya dia yg bsa mengerti keadaan, saya tanamkan ke diri bahwa org2 yg begitu istilah jawanya 'mek bondo abab (modal bacot)' dan merasa bahwa dirinya lbh baik. Saya mah ya cuek aja, saya balas dengan prestasi dan pengetahuan saya yg luckily lebih luas daripada teman lain di kelas. Yah walaupun di ending mereka mencemooh lagi, but that's okay:)

Intinya semangat ya kak Yustika, jangan bikin dirimu down karena hal2 tersebut. Jadikan hal tersebut sebagai pecutan untuk jadi lebih baik. Tuhan tidak akan memberi cobaan jauh dari kemampuan hambanya^^

Unknown on 14 June 2018 at 12:58 said...

Aku introvert
rumah adalah tmpat paling nyaman buat diriki
Aku pengen merubah diri ,karna jadi introvert itu 😣

Salam dari kisaran asahan

Unknown on 18 July 2018 at 07:57 said...

mee to

Unknown on 14 August 2018 at 21:33 said...

Saya intovert. Kebanyakan dari Intovert lebih suka menuangkan apa yang ia sampaikan dengan tulisan, tidak dengan lisan. Bravo! 😊

weepie on 22 August 2018 at 23:00 said...

Yang paling menyakitkan ketika kerabat sendiri mengecap saya sebagai orang sombong. Padahal saya bingung dan selalu bertanya tanya apa yang harus saya lakukan atau apa yang harus saya bicarakan ketika berhadapan dengan mereka. Itu yang membuat saya mengunjungi mereka pada saat saat event tertentu saja. Saya sendiri merasa tertekan dengan apa yang saya alami. Bahkan saya pernah berpikir untuk mengulang masa kecil saya, mungkin saja saya tidak akan jadi seperti ini. Saya sangat memahami apa yang kalian semua rasakan.

Post a Comment

Jangan lupa komentarnya ya !

 

Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon. | Modified by iaMz bLoG.