Friday 21 January 2011

Haruskah Clean Code ?

Apa itu clean code ? Pertanyaan yang bagus bagi pemula yang ingin belajar pemrogramanan seperti saya ini. Ternyata banyak programmer yang memiliki pendapat masing - masing dengan istilah ini. Namun kali ini saya coba untuk mengutip pendapat dari seorang ilmuan komputer dan profesor di bidang ilmu komputer di Texas A&M University. Beliau adalah Bjarne Stroustrup seorang penemu dan penulis bahasa pemrograman C++.

I like my code to be elegant and efficient. The logic should be straightforward to make it hard for bugs to hide, the dependencies minimal to ease maintenance, error handling complete according to an articulated strategy, and performance close to optimal so as not to tempt people to make the code messy with unprincipled optimizations. Clean code does one thing well.

Bjarne menggunakan kata "elegant", kata yang singkat namun memiliki banyak arti. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), elegan berarti elok, rapi, anggun, lemah gemulai, dan luwes. Tentunya kode yang elok dan rapi akan menyenangkan untuk dibaca. Mungkin inilah yang ingin digambarkan oleh Bjarne pada kutipan diatas.

Selain itu Bjarne juga menyebutkan kata "efficient". Suatu kode yang ditulis haruslah efisien dan bukan hanya mengandalkan dari segi kecepatan belaka. Karena kode yang buruk (bad code) / atau kode yang kotor (dirty code) dapat menggoda tumbuhnya kekacauan. Karena disaat programer lain mencoba mengubah sebuah kode yang buruk, mereka cenderung membuatnya menjadi lebih buruk.

Berikut adalah gambaran perbedaan antara clean code vs dirty code.

(sumber : www.desdrianton.net)

Diawal pengembangan, penggunaan dirty code akan menghasilkan fitur yang tinggi namun seiring waktu kecepatan penambahan jumlah fitur mulai berkurang.

Clean code awalnya tidak menghasilkan fitur setinggi dirty code, akan tetapi grafik clean code terlihat lebih stabil dan pada satu titik waktu tertentu jumlah fitur dari clean code dapat melebihi fitur dari dirty code.

Referensi : wikipediaartikata | desdrianton | Clean Code "A Handbook of Agile Software Craftsmanship"

7 comments:

Anonymous said...

Sulit mengerti postingan ini...

maklum bukan pakar IT,hihihi

but nice post,salam

iaMz on 24 January 2011 at 09:17 said...

sama, sebenarnya saya sedikit masih bingung juga :fufu:
tapi saya tulis biar bisa ingat.

terima kasih atas kunjungannya :kiki:

Ummul Khairi on 24 January 2011 at 10:36 said...

dibanding java, saya lebih mudah menggunakan C++

printf ("nice one");

Anonymous said...

makasih bahan belajarnya, Mas..
*mengerutkan dahi*

iaMz on 25 January 2011 at 08:08 said...

@Ummul Khairi : wah, terima kasih kak ummul ? :hoh:

@giewahyudi : sama - sama mas, saya juga masih perlu banyak belajar :yum:

fifa on 6 December 2011 at 22:16 said...

public void klarifikasi(){
System.out.println( " Itu bisa dikaji di sudut pandang Kompleksitas Algoritma, Clean code menurut algoritma merupakan Instruksi-Instruksi yang Efisien, hemat waktu, sedikit ruang yang dipakai, dan tidak ada perulangan instruksi")
}

iaMz on 27 April 2012 at 08:56 said...

terima kasih atas klarifikasinya, semoga ilmu yang diberikan bermanfaat :yen:

Post a Comment

Jangan lupa komentarnya ya !

 

Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon. | Modified by iaMz bLoG.