Tuesday 26 June 2012

Geumpa, Aplikasi Berbasis Android

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Indonesia sebagai nagara yang terletak pada pertemuan lempeng dunia mengakibatkan Indonesia rentan terhadap terjadinya gempa bumi. Oleh karena itu kebutuhan akan informasi gempa yang terpercaya sangatlah diperlukan. Hal inilah yang mendorong saya untuk mengembangkan sebuah aplikasi informasi gempa pada proyek akhir perkuliahan saya tahun lalu.

Sebagai sistem operasi yang sedang panas dipasaran dengan segala kehebatan dan keandalannya, saya memilih si-Android sebagai sistem operasi untuk mengembangkan aplikasi Geumpa ini.

Geumpa sendiri diambil dari bahasa Aceh yang berarti gempa dalam bahasa Indonesia. Aplikasi ini dapat menampilkan informasi gempa terkini (skala Richter), dirasakan (skala MMI), dunia (skala Richter) dan peta lokasi pusat gempa. Aplikasi ini juga dapat meng-share data ke aplikasi lain seperti SMS, GMAIL, Facebook, Whatsapp, dll. Dan berikut beberapa tampilan dari aplikasi Geumpa.







Walaupun sudah setahun yang lalu namun baru sekarang saya memberanikan diri untuk meng-publish-nya ke internet. Karena saya sadar masih banyak kekurangan yang saya sendiri menganggapnya kurang layak untuk disebar luaskan. Namun karena berharap ada masukan saran dan kritik sehingga membakar semangat saya untuk memperbaiki dan mengembangkannya lebih baik lagi.

Karena kritikan adalah motivasi

Saya sangat berharap kepada sahabat - sahabat semua untuk rela menjadi beta tester aplikasi sederhana saya ini.

Bagi yang tertarik dapat men-download aplikasi ini langsung dari Android Market Google Play atau melalui alamat berikut :

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.iamz.lab

16 comments:

Freddy Santoso on 26 June 2012 at 15:39 said...

mantapz la...
bisa la ne developer android
btw, sumber informasi lokasi peta di dapat dari mana ham?

iaMz on 27 June 2012 at 10:24 said...

masih tahap belajar bg freddy..
sumber datanya di ambil dari situs BMKG

Anonymous said...

hebat kawan aplikasinya :D boleh dicoba nih hehe
saya aja udah lama make android tapi blum bisa buat apa2 :D :oops:

iaMz on 27 June 2012 at 11:19 said...

Aplikasi sederhana aja bang, terima kasih kalau mau dicoba :)

Freddy Santoso on 27 June 2012 at 11:36 said...

tak bis pula di pake di galaxy mini ku ham. kwakwakwa. perlu upgrade hp kayaknya ne

iaMz on 27 June 2012 at 12:11 said...

yang bener bang ? emang androidnya versi berapa ?

Freddy Santoso on 29 June 2012 at 14:45 said...

froyo...

iaMz on 5 July 2012 at 10:52 said...

harusnya bisa ni bg -_-

Anonymous said...

waahh nyangkut di blog dvelopnya nih heheh mantap om ;)

iaMz on 3 August 2012 at 07:56 said...

masih tahap belajar juga om :D

Anonymous said...

aplikasi nya keren bang.... :)
mau tanya bang, gimana caranya nampilin lokasi pusat gempa di Map ?? kok mau ada tanda lokasi gempanya?

iaMz on 6 August 2012 at 11:49 said...

titik pusat gempanya diambil dari nilai latitude/longitude (lintang/bujur). Disini aplikasi mengambil nilai latitude/longitude dari situs BMKG.

Anonymous said...

liar biasa sob..
tp sayang HP saya bukan andro...

iaMz on 10 August 2012 at 09:34 said...

gpp sob, terima kasih telah berkunjung :D

zhe zhou on 30 August 2012 at 13:41 said...

bagus nih aplikasinya...lumayan..
ajarin cara buatnya nih,
:)

aizat on 3 November 2012 at 22:13 said...

maaf mengganggu saya hanya ingin berbagi artikel yang berkaitan tentang applikasi berbasis android
berikut linknya :
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1105/1/50407046.pdf
semoga membantu :)

Post a Comment

Jangan lupa komentarnya ya !

 

Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon. | Modified by iaMz bLoG.