Tuesday 28 August 2012

Selamat Tinggal Yahoo Koprol

Koprol adalah sebuah jejaring sosial berdasarkan lokasi yang dikembangkan oleh 3 orang putra Indonesia pada Juli 2008. Proyek iseng yang menggabungkan konsep dari berbagai jejaring sosial yang sedang marak seperti lifestream model seperti Twitter, sistem komentar seperti Plurk, dan sistem lokasi layaknya Brightkite ini ternyata mendapat sambutan hangat di dunia maya. Ini terbukti dengan pengguna Koprol yang mencapai 80 ribu setelah satu setengah tahun setelah berdirinya.

 

Saya sendiri termasuk pengguna yang sangat menyukai Koprol di awal kemunculannya. Namun saat itu masalah kecepatan koneksi sedikit menghambat saya dalam menggunakan Koprol dibandingkan Facebook yang saya rasa masih jauh lebih ringan. Akan tetapi Koprol tetaplah menjadi suatu jejaring sosial favorit saya.

Ditahun 2010 terjadi suatu kejutan yang sangat menggembirakan dimana raksasa Yahoo mengumumkan telah mengakuisisi Korpol dengan nilai yang tidak disebutkan jumlahnya. Koprol-pun berubah menjadi Yahoo Koprol. Koprol yang awalnya diyakini bakal mendunia namun kenyataannya tak seindah yang dibayangkan.

Hari ini tanggal 28 Agustus 2012 Yahoo Koprol resmi ditutup.


Yahoo menganggap Koprol menjadi salah satu produk yang tidak memberikan keuntungan yang berarti untuk Yahoo sendiri. Sebelumnya Yahoo juga sudah melakukan PHK terhadap 2000 karyawannya awal Maret lalu dan termasuk karyawan Yahoo Indonesia yang tergabung dalam tim Koprol. Beruntung merek dagang Koprol dikembalikan lagi ke trio pendirinya.

Akankah Koprol akan kembali dengan wujud yang baru setelah ditinggalkan Yahoo ? Ataukah hanya akan menjadi sebuah kenangan ? Kita tunggu saja !

Referensi : detikinet | wikipedia

0 comments:

Post a Comment

Jangan lupa komentarnya ya !

 

Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon. | Modified by iaMz bLoG.